Selasa, 09 November 2010

Kursus Wirausaha Desa (KWD)
PKBM Galuh Rahayu
Budidaya Ikan Nila Soang



KWD (Kursus Wirausaha Desa) merupakan salah satu Program kegiatan pendukung di PKBM Galuh Rahayu.KWD ini memprioritaskan membudidayakan ikan nila hasil silang yang menghasilkan Ikan Nila jenis baru dengan kualitas lebih baik dari induknya.
Ikan nila jenis baru ini di beri nama "Nila Soang" dimana nama ini di ambil karena di dearah kami, Ciamis ini terkenal dengan Gurami Soang yang bobot beratnya bisa lebih dari 3 kg.Ikan Nila Soang ini juga mampu melewati berat 3 kg dan masih bisa lebih dari berat tsb.
Asal usul nila soang ini merupakan hasil Penelitian anak-anak didik KWD yang tidak lain adalah Alumni PKBM Galuh Rahayu, selama 2 tahun membudidayakan ikan Nila yang di mulai dari nila gesit kmudian di silang dengan Nila merah (Aqinno) lalu hasil silang tsb di silang dengan ikan Nila wanayasa sehingga jadilah Nila Soang.
Keunggulan Nila Soang ini adalah dari Pertumbuhannya yang cepat dan bobot yang bisa melebihi bobot gurami Soang, dimana tubuh panjang Nila Soang dibawa oleh turunan dari Nila Gesit, Pertumbuhan cepat dari Nila Merah (Aqinno) dan bobot besar dari nila Wanayasa.
Sesuai hasil penelitian yang masih berlanjut Ikan Nila Soang ini unggul dari nila jenis lainnya dengan membawa gen dari induknay yang menrupakan bibit unggul jadilah nila Soang yang pertumbuhannya cepat, bertubuh panjang dan berbobot yang mampu mencapai berkilo-kilo gram...
Kenapa Kami Lebih memilih budidaya Ikan Nila?
Ikan Nila lebih kebal dari virus yang biasa menyerang ikan, tidak seperti gurami yang sangat sensitif denagn virus penyakit yang biasa menyerang ikan.dengan kekebalan dan adaptasi cepat ikan nila maka kami membudidayakan ikan Nila ini dengan prinsip Modal Minimal dan Hasil Maksimal.
dan Sampai saat ini dari hasil penjualan sangat menguntungkan, anak Ikan nila Soang ini mampu mencapai 400 ribu rupiah/kg. dengan rata-rata penjualan 200 ribu/kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar